Endah Suswanti -099- @ Komputer Masyarakat on Wednesday Class 08.00

Sabtu, 31 Oktober 2009

Browser IE Microsoft Digugat Karna Kasus Kecurangan

Posted by Endah Suswanti at Sabtu, Oktober 31, 2009

Persaingan browser semakin menjadi-jadi setelah Microsoft di tuduh telah melakukan kecurangan dengan cara membundling web browser buatanya dalam sistem operasi Windows. Microsoft semakin terdesak setelah Komisi Uni Eropa dan Mozilla bergabung untuk melakukan gugatan.

Rupanya tudingan tentang kecurangan yang dilakukan Microsoft ini diamini oleh Mozilla. Dalam blognya, ketua Mozilla, Mitchell Baker mengatakan bahwa tidak ada sedikitpun keraguan bahwa Microsoft telah melukai persaingan di dunia browser, merongrong inovasi produk serta membatasi pilihan konsumen.

Oleh karena itu, Mozilla akan mendukung upaya Uni Eropa menghadang praktik persaingan tidak sehat yang dilakukan Microsoft. Dalam kasus ini, Mozilla berdiri sebagai pihak ketiga, yang berwenang memberikan pendapat ke regulator Eropa, melihat pernyataan yang dikirimkan Uni Eropa ke Microsoft, dan berpartisipasi dalam dengar pendapat jika diinginkan.

Sekitar setahun yang lalu, Opera telah melayangkan protes ke Komisi Uni Eropa terkait praktik curang yang dilakukan Microsoft tersebut.

Persaingan di ranah browser memang semakin ketat. Menurut laporan dari XiTiMonitor, bulan November lalu, pangsa pasar IE di Eropa adalah 59,5 persen, dibayangi oleh Firefox Mozilla dengan 31,1 persen, Opera 5,1 persen, Safari 2,5 persen, dan Chrome sekitar 1,1 persen, demikian seperti dilansir dari PCworld, Selasa (10/2/2009). Untuk saat ini, Google dan Apple belum memberikan tanggapan mengenai hal ini.

sumber : TeknologiNet.com

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

0 comments:

Posting Komentar

Leave some comments please....

 

Kawai79 Designed by Endah