Endah Suswanti -099- @ Komputer Masyarakat on Wednesday Class 08.00

Selasa, 08 Desember 2009

Meningkatkan Kualitas Akreditas dengan Perencaan Strategis dalam diri

Posted by Endah Suswanti at Selasa, Desember 08, 2009

Akreditasi adalah bentuk akuntabilitas kepada publik yang dilakukan secara objektif, adil, transparan, dan komprehensif dengan menggunakan instrumen dan kriteria yang mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan.
Dengan adanya akreditas, dapat memberikan jaminan bahwa institusi perguruan tinggi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT, sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan perguruan tinggi yang tidak memenuhi standar.

Standar penilaian AIPT (Akreditasi institusi perguruan tinggi) :
Standar akreditasi perguruan tinggi mencakup standar tentang komintmen perguruan tinggi terhadap kapasitas institusional (institutional capacity) dan komitmen terhadap efektivitas program pendidikan (educational effectiveness), yang dikemas dalam tujuh standar akreditasi, yaitu:
1. Visi dan Misi
2. Tatapamong dan Kepemimpinan
3. Kemahasiswaan dan Lulusan
4. Sumber daya manusia
5. Pembelajaran, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kerjasama
6. Pendanaan, Sarana, dan Prasarana
7. Sistem Penjaminan Mutu dan Manajemen Informasi


Apakah suatu perguruan tinggi yang memiliki akreditas tinggi juga memiliki kualitas mahasiswa yang baik? Apakah suatu perguruan tinggi yang memiliki akreditas rendah juga memiliki kualitas mahasiswa yang buruk? Belum ada jaminan suatu kampus yang memiliki akreditas bagus sudah pasti memiliki mahasiswa yang berkualitas, dan belum juga mahasiswa yang berasal dari kampus yang berakreditasi rendah merupakan orang yang bodoh. Untuk itu kita perlu meningkatkan kualitas dalam diri kita agar tidak kalah dengan akreditas itu sendiri.
Seharusnya sebuah instansi jangan menilai orang hanya dari status kampusnya yang memiliki akreditas rendah, tetapi lihat dari kemampuan yang dimiliki oleh orang itu.
Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mengasah skill/ kemampuan yang kita miliki dengan berbagai cara. Seperti mengikuti seminar, workshop, kursus, ataupun hal-hal lainnya yang dapat mengasah kemampuan kita.
Lakukan perencanaan yang tepat agar bisa berjalan dengan baik agar waktu yang dipakai tidak terbuang percuma. Pikirkan apa yang harus dilakukan dalam jangka waktu dekat. Jangan terlalu mikir yang jauh dan cukup sulit atau muluk-muluk. Cari pengalaman sebanyak-banyaknya, jadilah orang yang kaya akan percaya diri tetapi harus memiliki mindset yang bagus dan skill yang handal.

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

0 comments:

Posting Komentar

Leave some comments please....

 

Kawai79 Designed by Endah